Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan

” Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan “

Ini kisah pengalaman sendiri langkah pembuatan Kartu BPJS Kesehatan  Pendaftaran Bayi Dalam Kandungan Peserta PBPU/Mandiri dan PPU (anak ke-4, dst). Tepatnya Hari Senin tanggal 28 Desember 2015 pukul 06:00 WIB tempatnya kantor BPJS Kesehatan cabang depok. Barangkat dari rumah sekitar pukul 05:45 WIB berharap dapat nomor antrian lebih awal, setelah sampai disana menunggu adanya petugas yang datang untuk bertanya persyaratan apa saja yang harus disiapkan dalam proses pendaftaran bayi dalam kandungan. Setelah memahami syarat apa saja yang harus dilengkapi alhamdulilah berkas sudah sangat siap. Tetapi ternyata bukan hanya berkas saja yang harus disiapkan dengan lengkap untuk proses pendaftaran bayi dalam kandungan/peserta pendaftaran baru harus datang lebih awal sekitar pukul 04:00 WIB – 05:30 WIB karena nomor antrian dibatasi hanya 75 orang/hari untuk peserta baru/peserta tambahan anggota baru, jika datang lewat 05:30 WIB peserta tidak akan mendapatkan nomor antrian / tidak dapat dilayani pada hari itu juga dan harus datang kembali di hari berikutnya walaupun kantor BPJS Kesehatan cabang depok buka loket 08:00 WIB.

Untuk itu berdasarkan pengalaman saya sendiri hari rabu pada tanggal 30 Desember 2015, saya ingin berbagi langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan Pesyaratan Pendaftaran Bayi Dalam Kandungan Peserta PBPU/Mandiri dan PPU (anak ke-4, dst) berdasarkan pengalaman sendiri :

  1. Pastikan siapkan semua berkas dengan lengkap yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan yang di minta seperti : – Foto Copy Kartu Keluarga (KK), – Foto Copy KTP SUAMI/ISTRI, – Foto Copy Kartu BPJS SUAMI/ISTRI dan Anggota Keluarga Jika Sudah Ada, – Surat Keterangan Hamil Dari Dokter/Bidan, – Mengisi Data Isian Peserta (DIP), – Foto Copy Buku Tabungan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan BNI, BRI, dan Mandiri (diharuskan untuk peserta BPJS Kesehatan Kelas I dan Kelas II).
  2. Menulis nama dan nomor antrian lebih awal di kantor BPJS Kesehatan cabang depok pukul 04:00 WIB – 05:30 WIB karena peserta di bataskan hanya 75 Orang/hari untuk pendaftaran peserta PBPU dan Penambahan Anggota Baru.
  3. Pengalaman saya hari senin tanggal 30 Desember 2015 dapet Nomor 31 datang pukul 04:45 WIB setelah shalat shubuh langsung berangkat dari rumah.
  4. Setelah menulis nama dan nomor antrian pastikan jangan pulang dulu sampai kantor dibuka oleh petugas satpam pada pukul 06:00 WIB untuk menempati kursi sesuai dengan nomor urut absen.
  5. Setelah pukul 07:00 WIB petugas satpam / petugas karyawan BPJS akan memanggil sesuai dengan nomor urut antrian yang telah menulis sebanyak 75 orang, untuk diperiksa dan di verifikasi kelengkapan berkas yang telah dibawa.
  6. Setelah lulus verifikasi petugas akan memberikan tanda tangan dan stempel, yang selanjutkan untuk mengambil nomor antrian pada petugas di loket sebelah.
  7. Setelah mendapatkan nomor antrian silahkan menunggu kembali di ruangan yang telah disediakan / jika masih lama bisa pulang ke rumah istirahat dulu.
  8. Seperti pengalaman saya dapet Nomor 31 Pukul 07:55:50 WIB saya pulang dulu kembali lagi pukul 10:00 WIB untuk dipanggil oleh petugas di loket 1 menggu sebentar hanya kurang lebih 5-10 menit sudah dapat print out virtual account .
  9. Selanjutnya tinggal menunggu sampai 14 – 30 Hari kalender untuk melakukan pembayaran sesuai dengan kelas yang di daftarkan.
  10. Setelah melakukan pembayaran membawa bukti pembayaran dan mengambil nomor antrian untuk cetak kartu BPJS Kesehatan, untuk hal ini tidak perlu berangkat pagi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

About opank

Saya hanya seorang manusia biasa yang selalu berusaha mencoba apa yang belum pernah saya lakukan yang pastinya berarti buat saya pribadi dan orang lain.
This entry was posted in Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan

  1. opank says:

    Reblogged this on BERBAGI CERITA.

Comments are closed.